rumus mencari weton berdasarkan tanggal lahir

weton adalah nama hari dan pasaran kelahiran manusia yang ditandai dari hari tujuh dan pasaran lima. istilah ini sudah sangat lekat dengan budaya jawa, karena dalam setiap perhitungan ramalan maupun primbon pasti menggunakan weton, seperti mau meramal jodoh, meramal rejeki, mencari hari baik, membangun usaha, untuk berdagang, pengobatan alternatif, membuat selamatan dll. namun untuk sekarang ini banyak yang lupa dengan menandai dan mengingat weton kelahiran, karena dianggap sepele. padahal weton sangat penting dalam kehidupan manusia dari mulai lahir hingga kembali ke liang lahat/ meninggal. untuk itulah anda harus mengetahui weton kelahiran anda, anak anda, jodoh anda dan orang tua anda. oleh karena itu saya berikan rumus mencari weton berdasarkan tanggal lahir untuk memudahkan anda dalam mengingat weton kelahiran mereka.

selain kita bisa mengetahui weton sendiri, kita juga bisa mengetahui weton/ hari dan pasaran kelahiran orang lain hanya berdasarkan tanggal lahir yang kita ketahui. karena biasanya orang akan merahasiakan weton mereka jika ditanya oleh orang yang tidak begitu dekat dengan alasan takut akan diguna-guna. memang banyak aplikasi mengetahui weton secara praktis online hanya memasukan tanggal, bulan dan tahun lahir maka akan terbuka wetonnya. namun hal itu tidaklah efektif karena seseorang yang cerdas dan kreatif  dia tidak mementingkan jawabannya akan tetapi rumus/ cara menemukan jawabannya. artinya jika meraka telah mempelajari rumus menghitung pencarian weton berdasarkan tanggal lahir bisa di gunakan untuk mengetahui hari dan pasaran orang lain seolah-olah anda paranormal yang dapat melihat identitas masa lalunya hanya dengan tanggal dan kelahirannya. selain  itu jika anda tinggal di pegunungan tidak menunggu ada kuota internet atau signal untuk meramal seseorang cukup menggunakan tabel mengetahui weton berdasarkan tanggal lahir.

tabel rumus mencari weton berdasarkan tanggal lahir ini merupakan rumus peninggalan leluhur di tanah jawa yang diambil dari primbon jawa kuno yang telah di ketik ulang dan ditambahkan tahunnya mulai tahun 1900 hingga tahun 2030. karena pada tabel yang ada pada primbon jawa kuno hanya menerangkan sampai tahun 2000 saja. dengan demikian kita bisa mengetahui weton anak yang lahir pada tahun sekarang meski tanpa kalender jawa untuk melihatnya. selain itu kita bisa melihat hari dan pasaran kelahiran orang tua dan kakek kita yang lahir di atas tahun 1900 untuk berbagai keperluan dalam mengingat dan mendoakannya.

mengetahui weton sebenarnya sangatlah mudah jika kita melihat langsung pada kalender lengkap yang disitu tertera hari pasaranannya, biasanya kalender jawa yang sering ada. cukup melihat tanggal dan hari kemudian lihat tulisan kecil yang ada dibawah tanggal, nah itulah yang dimaksud hari pasaran seperti pahing,pon, wage kliwon dan legi. namun jika kita mencari weton yang sudah lewat tahunnya apalagi sudah terlalu lama tahunnya maka tidak mungkin kita mencari satu per satu melalui kalender yang sudah lama karena tentunya kita akan kesulitan mencari kalender lama. untuk itu saya membuat tabel rumus untuk mengetahui weton berdasarkan tanggal lahir sehingga kita bisa menggunakan untuk keperluan seperlunya dan sewajarnya. dan yang perlu di ingat jangan menggunakan weton orang lain jika sudah mengetahuinya untuk kejahatan seperti guna-guna, ilmu pengasihan/ pelet , mengganggu rejeki orang dll karena hal tersebut sangat di benci oleh Yang Maha Kuasa dan azabnya sangat besar jika kita melakukannya.

berikut caranya mengetahui weton berdasarkan tanggal lahir melalui tabel yang telah saya siapkan dibawah ini. kita ambil contoh saja tanggal lahir yang sudah diketahui hari dan pasarannya yakni tanggal lahir kita. untuk mencocokan apakah benar sesuai wetonnya sebelum kita gunakan untuk mengetahui weton orang lain atau pacar kita. contoh saya ki ageng koak lahir tanggal 14 april 1982, untuk mengetahui wetonnya maka lihat tabel dibawah ini.

1. langakah pertama kita mencari hari lahir terlebih dahulu menggunakan tabel dibawah ini, caranya bulan dan tahun kelahirkan di tarik secara vertikal dan horisontal hingga menemukan angka pada kolom angka. april 1982 jika kita pertemukan dengan garis maka akan kita dapatkan angka 4.

2. langkah kedua adalah menjumlahkan hasil dari tebel diatas dengan tanggal lahirnya. yaitu 4 + 14 hasilnya adalah 18. selanjutnya kita cocokan pada tabel dibawah ini angka 18 sejajar dengan hari apa?  menurut tabel dibawah bahwa angka 18 berada pada hari RABU, itu tandanya tanggal lahir 14 april 1982 lahir pada hari rabu kala itu.

3. selanjutnya kita akan mencari pasaran kelahirannya/ weton berdasarkan tabel dibawah ini, caranya hampir sama dengan tabel nomor satu diatas mencari hari lahir berdasarkan tanggal lahir. cari tahun dan bulannya kemudian tarik vertikal dan horisontal hingga membentuk sudut 90 derajat. maka akan ketemu angka 3.

4. kemudian jika kita sudah mendapatkan hasil yaitu angka 3, maka kita tinggal mencocokan dengan tabel mencari pasaran dibawah ini. caranya angka 3 dijumlahkan dengan tanggal lahir anda yakni 14 + 3 =17. angka 17 lihat pada tabel sejajar dengan pasaran apa? KLIWON jadi berdasarkan tanggal lahir 14 april 1982 memiliki pasaran kliwon.

setelah kita mengetahui semuanya maka hari dan pasaran untuk tanggal lahir 14 april 1982 adalah RABU KLIWON. jadi weton nya adalah rabu kliwon. demikian rumus mencari weton berdasarkan tanggal lahir, semoga bermanfaat. terimaksaih.