puasa pati geni

puasa pati geni sering kita dengar pada ritual ilmu kanuragan, kekebalan, kesaktian dan pengasihan/ pelet. jika anda pernah mendalami ilmu tenaga dalam maka tentu tidak asing dengan istilah puasa pati geni. karena patigeni pernah dilakukan oleh sunan kalijaga kala itu. pati geni berasal dari bahasa jawa dan sansekerta yang berarti mematikan api ( cahaya ). sedangkan istilah puasa sendiri tentunya sudah banyak yang memahami yakni menahan sesuatu untuk sementara bisa dan sering dikaitkan dengan makan dan minum. maka puasa pati geni adalah menahan untuk tidak makan dan minum selama sehari semalam. tujuan dari pada puasa PATI GENI adalah mematikan unsur api yang ada didalam tubuh kita baik secara metafisik/psikis/badan astral atau fisik kita. mengapa kita harus mematikan/ mengendalikan unsur api tersebut. Unsur API adalah unsur Iblis yang membawa manusia pada nafsu-nafsu negatif seperti AMARAH, BENCI, IRI, DENGKI, INGIN MEMILIKI DAN MENGUASAI, MENGALAHKAN, MENAKLUKKAN, bahkan MEMBUNUH. oleh karena itu kita sebenarnya harus bisa mengendaliannya agar tidak terbawa ke jalan yang sesat.

pati geni

pantangan dalam puasa pati geni ini adalah ;
1. tidak boleh keluar dari kamar/ goa,
2. tidak boleh tidur selama melakukan puasa pati geni,
3. tidak di perbolehkan terkena sinar matahari atau cahaya lampu baik listrik maupun lilin,
4. tidak boleh melakukan aktifitas lain kecuali bersemedi/ duduk sambil merapalkan mantra yang akan di kehendaki,
5. tidak boleh berbicara dengan orang lain selama menjalani .

syarat puasa pati geni :
1. berbadan sehat jasmani dan rohani ( tidak dalam hilang ingatan). fisik cacat tidak jadi masalah yang penting sehat tidak dalam keadaan sakit.
2. membersihkan badan dari hadas besar dan kecil dengan mandi wajib
3. memakai pakaian yang bersih, tidak terlalu ketat agak linggar dan diberi aroma wewangian/ minyak wangi.

mantra/ do’a niat puasa pati geni:
“Niat ingsun patigeni, Asirep rapet maring geni lan sinar, Aku bali maring pepeteng, Kadyo purwaning dumadi mring alam luwung, Sajroning guwo garbaning sang ibu, Sedulur papat limo pancer, Tumekaning sang jabang bayine, kakang kawah adi ari-ari,kiblat papat limo pancer, Nyawiji mring ngarsane Gusti, Niatku patigeni”

tata cara puasa pati geni :
1. pilihlah hari yang baik sesuai niat anda. bisa pada weton anda jika digunakan untuk keperluan pribadi atau bisa memilih hari yang sakral seperti jum’at kliwon. minggu manis dll.
2. pilihlah tempat yang sunyi, tidak ada cahaya yang masuk dan yakinkan tidak ada keluarga, teman atau saudara yang mengganggu selama anda malakukan pati geni.
3. setelah mandi bersih masuklah ke kamar/ goa yang telah anda pilih.
4. matikan semua cahaya, lampu, lilin dan pastikan sudah tidak ada celah cahaya yang dapat menghantarkan sinar dari luar. karena akan membatalkan puasa anda nantinya.
5. setelah anda masuk segera duduk se rilek mungkin bisa dengan bersemedi atau duduk di kursi.
6. bacalah niat / do’a pati geni dengan niat yang khusuk dan kosentrasi. karena selesainya do’a tersebut maka dimulailah puasa pati geni anda.
7. jika anda memulai puasa ini pada pukul 00.00 maka selesainya berarti pada pukul 00.00 esok harinya, jika anda melakukan selama sehari semalam namun jika anda melakukan 3hari maka pukul 00.00 tiga hari berikutnya baru selesai.
8. selama anda melakukan pati geni hendaklah di perbanyak berdzikir kepada Tuhan YME agar dilindungi dan diselamatkan selama menjalaninya karena anda akan menemukan berbagai godaan dselama menjalani.
9. setelah anda selesai melaksanakan puasa pati geni hendaknya jangan langsung beranjak dari tempat dahulu melainkan lemaskan otot anda.

godaan yang sering di alami dalam melakukan puasa pati geni adalah :
1. munculnya suara atau sosok mahluk gaib yang sengaja menganggu mental dan pikiran anda agar tidak kuat melanjutkan puasa ini.
2. rasa panas diseluruh badan seperti terbakar
3. ngantuk yang tidak seperti biasanya yang dapat melemahkan niat puasa anda
4. bisikan-bisikan gaib
5. munculnya binatang-binatang yang asing yang kadang membuatmu geli dan takut
6. sesak nafas.

demikianlah syarat puasa pati geni dan tata caranya sebagai pedoman untuk melakukan berbagai ritual maupun untuk ketentraman jiwa. semoga bermanfaat terimakasih.