primbon ramalan jodoh berdasarkan weton

primbon ramalan jodoh berdasarkan weton, akan membantu kita dalam memilih jodoh yang tepat untuk membina rumah tangga nantinya. karena cint saja tidak cukup, harta saja tidak menjamin bahagia. menurut primbon jawa tentang perjodohan bahwasannya setiap laki laki dan perempuan harus di hitung dahulu hari dan pasaran kelahirannya ( weton) untuk bisa mengetahui atau meramal apakah cocok nantinya atau akan justru menimbulkan masalah nantinya. perhitungan atau neptu ini sering digunakan oleh orang-orang dahulu hingga sekarang, palagi di tanah jawa yang kental akan perhitungan weton untuk segala hal. memang hal ini bukan aturan baku atau keyakinan yang menjadi sebuah kepercayaan, akan tetapi merencanakan suatu perjalanan lebih baik di perhatikan baik buruknya dari pada menyesal pada akhirnya. karena waktu tidak akan kembali.ramalan jodoh berdasarkan weton memang sudah menjadi tradisi di tanah jawa dalam melihat perjalanan yang akan dilalui kedepan oleh sepasang calon.pernyataan ini juga banyak di muat di berbagai kitab primbon jodoh, primbon ramalan jodoh dan primbon weton.

selain ramalan jodoh berdasarkan weton dalam primbon jawa juga ada yang berdasarkan nama maupun tanggal lahir. meski semua berlainan akan tetapi tujuannya sama yaitu untuk mencari kecocokan dalam tiap pasangan manusia untuk menuju ke pernikahan agar tetap bertahan hingga ajal memisahkan dan bahagia dunia akhirat. sebelum saya terangkan mengenai perhitungan jodoh berdasarkan weton, akan saya jelaskan bahwa ada 7 kriteria atau pilihan yang akan menuntun hidup anda, mulai dari waseso segoro, tunggak semi, satria wibawa, sumur sinaba, satria wirang, bumi kepetak, lebu ketiup angin. untuk lebih pahamnya berikut perhitungan jodohnya menurut weton.

seandainya ada sepasang calon suami istri yang bernama joko dengan weton rabu pon, sedangkan calonnya wati dengan weton senin legi. cara menghitungnya adalah, kedua neptu pasangan tersebut dijumlahkan kemudian di bagi tujuh maka akan mendapat sisa berapa? sisa itulah intuk menentukan ramalan kehidupannya. sebelum kita mulai menghitung berikut saya jelaskan mengenai neptu hari dan pasarannya :

HARINEPTUPASARANNEPTU
senin4legi5
selasa3paing9
rabu7pon7
kamis8wage4
jum'at6kliwon8
sabtu9
minggu5

joko weton senin legi neptunya adalah 4 + 5 = 9
wati weton rabu pon neptunya adalah 7 + 7 = 14
kedua weton dijumlahkan dengan hasil = 23, kmudian di bagi 7 maka mendapatkan sisa 2.
sisa dua mari kita cocokan dengan primbon di bawah ini

SISANAMA ARTINYA
1waseso segoroartinya luas pengalamannya besar kewibawaannya
2tunggak semimempunyai rejeki yang langsung
3satria wibawaselalu mendapat penghormatan dan mendapat kemuliaaan
4sumur sinabaartinya baik menjadi pemimpin, orangnya teladan kanan kirinya
5satria wirangsering mendapat kesulutan dan cela
6bumi kepetaktabah menghadapi segala penderitaan, gelap hati
7lebu ketiup anginartinya akan mendapat kesengsaraan

jadi karena sisa dua maka mendapatkan TUNGGAK SEMI, artinya dalam kehidupannya nantinya akan selalu mendapat rejeki secara langsung dan karena artinya baik maka dianggap cocok dalam neptu jodoh sehingga bisa berlanjut ke pernikahan untuk memulai kehidupan berumah tangga.