penyembuhan alternatif warisan nenek moyang yang mujarab

dahuli kita sering dipasanin sama orang tua kita tentang cara menyembuhkan penyakit ringan dengan cara praktis dan efisien, ternyata cara itu sudah berlaku turun temurun. penyembuhan alternatif ini juga bukan sembarang wejangan atau omongan belaka namun benar-benar ampuh. menggunakan metode alam yang ada memanfaatkan sesuatu yang ada disekeliling kita untuk mengatasi dan menghilangkan rasa sakit dan penyakit ringan yang sering diderita oleh manusia.

kasih sayang orang tua terhadap anak-anaknya bukan saja memberikan perhatian akan tetapi membekali anaknya dengan pengetahuan tentang pengobatan yang diturunkan dari nenek moyang guna membekali diri agar bisa mandiri. seperti pesan yang selalu saya ingat dari orang tua “sesungguhnya alam telah memberikan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh manusia” termasuk masalah kesehatan. terkadang ada hal-hal yang diluar nalar dan dugaan mengenai penyembuhan ini akan tetapi dengan keyakinan diri dan sugesti maka rasa sakit yang di rasa akan hilang setelah memakai metode penyembuhan alternatif warisan nenek moyang.

apa saja sebenernya penyembuhan tersebut? ada banyak sekali namun yang saya tulis disini yang sering kita rasakan dan mungkin ini adalah versi suku saya jika ada versi suku lain bisa ditambahkan kedalam kolom komentar agar kita sama sama berbagi informasi tentang menangani gejala sakit pada manusia tanpa mengeluarkan biaya hanya memanfaatkan apa yang ada di sekitar kita. berikut penyembuhan alternatif yang sering dipesankan orangtua terhadap anak warisan leluhur nenek moyang.

1. SAKIT PERUT


jika anda merasa sakit perut secara tiba-tiba maka obat atau penyembuhan yang sangat praktis menurut wejangan orang tua adalah dengan selembar daun pisang yang muda. caranya ambil pupus daun pisang secukupnya kemudian letakan di perut menutupi pusar, niscaya dalam hitungan menit perut anda akan sembuh dan rasa sakit tadi segera menghilang. tidak perlu obat sakit perut dan tidak perlu lagi minyak angin.

2. PENDARAHAN KECIL KARENA LUKA


untuk menghentikan pendarahan kecil akibat luka tersayat pisau tidak perlu menggunakan plester, jika anda berada di kebun cukup cari pohon kelapa yang masih muda yang apat dijangkau pelepahnya, caranya ambil serbuk halus yang ada di pangkal pelepah daun kelapa bagian dalam dengan menggunakan kuku tangan kemudian serbuk tersebut tutupkan pada luka tadi maka darah akan berhenti dan luka cepat mengering dan sembuh.

3. ANYANG-ANYANGAN


jika anda sedang mengalami anyang-anyangan atau sakit kencing yang berulang-ulang, tidak perlu khawatir cukup menggunakan metode penyembuhan ini, meski tergolong unik dan tidak masuk akal akan tetapi cara ini telah digunakan turun menurun dan terbukti mujarab. caranya adalah ambil gelang karet kemudian ikatkan pada ibu jari kaki kiri hingga darahnya sedikit terhambat. maka secara cepat rasa sakit kencing yang berulang tadi akan hilang dan lancar kencingnya. setelah anyang-anyangen kamu sembuh segera lepas karet yang melilit di ibu jari kamu tadi.

4. DIARE
mungkin cara ini sudah banyak diketahui, jika anda sedang mengalami diare yang berkelanjutan dan membuat badan lemas, semua obat sudah di coba. maka cara penyembuhan secara tradisional adalah cukup dengna memakan daun jambu biji yang masih muda.

5. DEMAM PADA ANAK KECIL
dahulu orang tua kita tidak kehabisan akal dalam mengobati anak yang demam tiba-tiba, terlebih lagi jika terjadi pada malam hari. dahulu belum ada sarana telekomunikasi yang canggih seperti sekarang yang bisa memanggil dokter kapan saja. namun penyembuhan yang dilakukan orantua sebagai pertolongan alternatif pertama tidak sia-sia yakni menggunakan bawang merah yang dikunyash kemudian di letakan di ubun-ubun anak yang demam tadi maka akan segera sembuh.

6. SAKIT MATA/ BELEKAN
jika anda sedang terkena sakit mata/ belekan maka penyebuhan alternatif adalah dengan cuci muka menggunakan air kencing sendiri yang keluar pertama kali saat pagi hari sehabis bangun tidur. meski metode ini sangat menjijikan akan tetapi sangat mujarab dan ampuh.

7. RAMBUT BANYAK KUTU / KETOMBE
cara mengatasi dengan cara tradisional adalah keramas menggunakan abu/ merang (sisa pembakaran kulit padi) yang direndam dahulu menggunakan air. ternyata cara ini selain menghilangkan ketombe dan kutu rambut juga dapat menyburkan rambut.

8. MIMISAN
mungkin semua orang pernah mengalami mimisan, mimisan adalah keluranya darah dari lubang hidung. penyebabnya bisa karena benturan maupun sakit kepala. untuk menyembuhkannya dengan menghentikan darah yang keluar dari hidung secara terus menerus adalah menggunakan daun sirih yang di gulung kemudian masukan ke lubang hidung yang mengeluarkan darah tadi. maka dalam waktu seketika darah akan berhenti dari hidung.

9. PANU DAN KUTU AIR
cara mengobatinya menggunakan belerang yang diseduh dengan air panas kemudian setelah agak dingin di balurkan yang terkena panu atau kutu air yang diakibatkan oleh jamur kulit.

demikian penyembuhan alternatif yang hingga saat ini masih di gunakan karena keampuhanya. warisan nenek moyang tentang adat istiadat juga mncakup masalah ilmu medis secara tradisional menggunakan sarana apa yang ada disekeliling kita. jika ada penyebuhan dengan versi lain sesuai dengan daerah masing-masing silahkan tambahkan di kolom komentar agar dapat dibagikan kepada semua orang tantang kehebatan orang dijaman dahulu yang tidak pernah berpatokan pada obat-obatan.