pengertian jimat dan macam jenisnya

sebelum kita masuk kedalam pembahasan jimat, ijinkan saya memberikan sedikit penjelasan tentang jimat, agar kita tidak salah tafsir dan salah menilai dalam mengatakan atau pun mempergunakannya. dalam pengertian jimat secara umum sendiri (azimat dalam bahasa arab), bahwa jimat adalah suatu benda yang diyakini memiliki kekuatan supranatural/ gaib yang dipercaya dapat memberikan faedah terhadap yang menggunakan atau memiliki. berbagai macam jimat/ kumpulan jimat sudah dikenal ribuan tahun yang lalu seperti kita ketahui bahwa Nabi Musa AS memiliki tongkat yang dapat membelah lautan. namun demikian dalam agama islam jimat masih menjadi perdebatan bagi penggunanya karena dianggap perbuatan musryik. jimat juga dipercaya dapat membantu berbagai keperluan dalam kehidupan sebagai amalan yang dapat dibawa-bawa.

dilihat daripada jenisnya jimat dibedakan menjadi 3 yaitu:
1. jimat tulisan/ rajah/ azimat adalah sebuah jimat yang ditulis baik oleh orang yang sudah ahli seperti kyai, dukun, paranormal untuk dipergunakan dengan cara di simpan baik dalam rumah/ dalam kantong/ dompet/ peci dll. selain itu jimat ini juga dapat kita buat sendiri sesuai peruntukan dan penggunaannya hanya perlu niat dan ritual sederhana. jimat atau rajah ini sering kita lihat ditulis dari kulit binatang seperti kulit harimau, kulit rusa, kulit ular, kulit kambing dll. selain ditulis diatas kulit binatang juga dapat ditulis di kain, daun, benda yang bisa dibawa-bawa.jimat atau rajah ini juga terdiri dari bermacam-macam sesuai peruntukannya ada jimat pengasihan, jimat penglaris berdagang, jimat usaha, jimat mencari pekerjaan, jimat bercocok tanam, jimat keselamatan, jimat keberuntungan,jimat kekebalan, rajah untuk orang sakit, jimat berjudi dll.

2. jimat benda, jimat ini terdiri dari benda buata dan hasil alam. benda buatan adalah jimat yang sengaja dibuat untuk dipergunakan guna melindungi diri dari gangguan orang lain. jimat ini biasanya berbentuk keris, tombak, tongkat, pedang, golok, busur, cincin, perisai dll. sedangkan benda yang berasal dari alam adalah jimat yang tercipta dari alam dan karena dianggap unik dan langka sehingga dianggap mistik dan di beri isi kekuatan ghaib. jimat ini biasanya dihuni oleh mahluk gaib.orang jaman dahulu rata-rata memiliki senajata atau pegangan berupa barang gaip/ jimat benda seperti buluh perindu sebagai pengasihan, rante babi, mani gajah, bambu ketemu ruas (pring petuk) dll. benda yang sudah di isi dengan kekuatan magis/gaib selain untuk digunakan berperang juga dipercaya dapat melindungi penggunanya pada saat tidak dalam keadaan sadar. senjata yang sudah berisi dan dianggap jimat memiliki kegunaan dan kekuatan yang lebih daripada saat belum di isi karena hanya seperti senjata biasa tanpa keampuhan tersendiri.

3. jimat yang di tanam kedalam badan atau sering kita kenal dengan istilah susuk. susuk/ jimat ini cara penggunaannya adalah dengan cara dimasukan kedalam badan sesuai daerah mana yang akan di beri susuk. susuk ini setelah masuk kedalam tubuh seseorang akan menyatu dengan kulit dan daging. macam-macam keguanaan susuk antara lain untuk pengasihan, jika di pasang diwajah untuk memberikan aura kecantikan/ketampanan, jika dipasang di bibir untuk berbicara agar di percaya orang, jika di tangan dapat memberikan kekuatan yang dahsyat saat memukul orang, jika di kaki dapat memberikan kekuatan saat berjalan dll.

setelah kita mengetahui berbagai macam jimat mulai dari peruntukannya, jenisnya serta khasiatnya sekarang akan saya berikan kumpulan jimat untuk berbagai keperluan dalam kehidupan. meski kita harus selalu percaya dan bertaqwa kepada Tunhan YME, karena tanpa ridho dan pertolongannya mustahil jimat yang kita miliki akan berguna sesuai keinginan. jimat dibawah ini adalah jenis rajah yang dapat kita buat sendiri tanpa bantuan para ahli, bik kyai, dukun atau para normal. karena hanya membutuhkan niat serta kesucian untuk membuatnya.