jamu jawa untuk ibu hamil yang aman dari mulai mengandung hingga melahirkan

seorang ibu yang sedang mengandung/ hamil memang memerlukan banyak sekali nutrisi untuk mencukupi segala kebutuhan tubuhnya, dikarenakan sudah berbadan dua. banyak mitos yang menyatakan larangan ibu hamil meminum jamu namun hal itu tidaklah menjadi penghalang untuk mengkonsumsi jamu. memang betul wanita hamil harus berhati – hati dalam memilih asupan makanan dan minuman agar janin/ bayi tetap sehat. apalagi bagi ibu yang sedang hamil muda atau yang baru mengalami kehamilan tentunya ekstra berhati hati memilih makanan yang dimakan. sudah ratusan tahun jamu jawa dibuat khusus untuk ibu hamil, warisan budaya nenek moyang dulu yang meracik jamu tersebut hingga sekarang masih dipercaya dapat memberikan kesehatan kepada si ibu dan bayi yang dikandungnya, oleh karena itu anda tidak perlu khawatir akan ramuan jamu yang anda minum. disini saya akan berikan cara membuat jamu jawa untuk ibu hamil yang aman dari mulai mengandung hingga melahirkan menurut primbon jawa dan primbon wanita.sehingga anda bisa meraciknya sendiri dirumah tanpa harus menunggu pedagang jamu lewat.

jamu jawa orang hamil

dulu sebelum ada obat-obatan kimia, wanita hamil/ mengandung meilih jamu jawa yang dijual melalui penjual jamu gendong keliling untuk menjaga kesehatan selama  kehamilan. setelah munculnya obat-obatan muncul juga mitos tentang larangan minum jamu pada wanita hamil. padahal sudah ratusan tahun yang lalu orang tua kita saat mengandung kita mereka minum jamu yang memang di ramu khusus untuk ibu hamil. ditanah jawa jamu memang sudah tidak asing lagi, meski dibuat dengan bahan yang sederhana dari rempah Рrempah namun memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh kita dan dalam masa kehamilan. jamu jawa ini juga dibuat ada yang khusus buat ibu hamil dari mulai mengandung ( hamil muda ) hingga melahirkan dan setelah melahirkan untu selalu menjaga stamina agar tetap vit dan menjaga kesehatan bayi yang ada didalam tubuh.

berikut ini ramuan jamu jawa untuk ibu hamil yang aman dari mulai mengandung hingga melahirkan :

1. jamu jawa untuk wanita/ ibu yang akan memulai masa kehamilan
bahannya :
– terasi merah murni
– daun lembayung
– cabe
– bawang putih
– garam
– gula merah
– buah- buahan yang asam

caranya :
cabai,bawang putih, garam dan gula merah di tumbuk halus ditambahkan terasi merah murni dan daun lembayung kemudian masukan buah buahan yang sudah dicuci bersih dan di kupas serta dipotong kecil – kecil untuk rujak. makan secara rutin minimal seminggu sekali agar sedikit mengatasi mual saat nyidam.

2. jamunya orang mengandung / hamil tiga (3) bulan
bahan ramuannya :
– dringu : 1 potong
– kunci : 2 ruas
– sintak : sedikit
– masoji : secukupnya
– cabe : 2 biji
– Bawang putih : 2 siung
– kemukus : sedikut
– pepruntu : secukupnya
– lempuyang : 3 potong
– bangle : sedikit
– bunga wora-wari merah dan daun cukilan secukupnya

caranya: semua bahan diatas ditumbuk menjadi satu hingga halus kemudian diberi air yang sudah dimasak lalu di peras dan airnya diminum . minumlah jamu ini setiap seminggu sekali agar janin yang berumur 3 bulan kuat dan anda juga tidak mual saat nyidam.

3. jamunya orang mengandung/ hamil tiga (3) sampai empat (4) bulan
bahan ramuannya :
– daun rangu dan daun pipisan yang sudah dikeringkan
– adas pulosari
– temu hitam
– bawang merah/ brambang
– rumput (suket ginting-jawa)

caranya : semua bahan di cambur kemudian ditumbuk sampai halus , lalu di beri air dan disaring, airnya diminum. lakukan hingga usia kandungan 4 bulan untuk menjaga badan tetap sehat.

4. jamunya orang mengandung/ hamil 3 (tiga) sampai 7 (tujuh) bulan
bahan ramuannya :
– daun simbukan : sedikit
– daun asam : secukupnya
– daun dadap serap yang muda : 1 lembar
– daun jambu dersono : 2 lembar
– daun meniran : 1 lembar
– temu kuning/ temu giring : 2 ruas
– sabutan nanas muda : 2 lembar
– temu hitam : 1 potong
– lempuyang : 2 potong
– kunyit : 1 potong
– swawahan ( beli di penjual jamu) : secukupnya

caranya semua bahan dicampur kemudian di tumbuk halus lalu di beri air yang sudah masak selanjutnya disaring sesudah di bubuhi dului jeruk pecel , kemudian diminum secara rutin hingga usia kandungan sampai 7 bulan.

5. jamunya orang mengandung/ hamil 5(lima) atau 7(tujuh) bulan
bahan ramuannya :
jamu sawahan dan jamu sawaban dicampur jadi satu kemudian ditambahkan bahan dibawah ini;
– mesoji : sedikit
– jinten hitam : 1 biji
– bangle : 1 potong
– bawang putih : 1 siung
– sintok : secukupnya
– cabe : 3 biji
– dringu ; 1 potong
– merica : 3 biji

caranya : jika memberi merica ini supaya dihitung menurut sudah berapa bulan usia kandungannya, misalkan tujuh bulan ya tujuh biji mericanya. kemudian semua bahan di campur dan ditumbuk secara halus, lalu diseduh dengan air masak lalu disaring. dan airnya diminum untuk jamu agar bayi yang ada didalam kandungan tetap sehat.

6. jamunya orang mengandung/ hamil 7 (tujuh) sampai dengan 8 (delapan) bulan
bahan ramuannya :
kayu manis dan kayu sacang kedua bahan ini direndam selama 3 jam di air bekas cucian beras, lantas airnya untuk diminum pada tiap hari senin dan kamis. sedangkan pada hari rabu dan sabtu membuta jamu sendiri yaitu cabe dan lempuyang ditumbuk halus kemudian diseduh dengan air hangat lalu disaring dibubuhi jeruk pecel serta sedikit garam agar tidak terlalu pedas kemudian diminum.

7. jamunya orang mengandung 9 (sembilan) bulan
bahan ramuannya :
– daun trawas 2 lembar dan daun ketumbar sedikit
– jinten hitam 3 lembar dan tatak mini sedikit
– kulit udang dibakar dulu cukup sedikit saja
– mesoji , ganti , ajer, pepruntu, dan jong rahap semuanya sedikit saja

caranya semua bahan dicampur kemudian ditumbuk sampai halus dan diberi air yang sudah masak lalu di peras di ambil airnya kemudian diminum. lakukan secara rutin hingga melahirkan.

demikian racikan jamu jawa untuk ibu hamil dari mulai mengandung hingga melahirkan. semoga dapat membantu dan memberi keselamatan serta kesehatan pada anda maupun bayi anda.