jamu cekokan

jamu cekokan adalah jamu yang berasal dari bahan-bahan alami seperti akar, daun, biji-bijian, buah serta rempah-rempah alam. cara pembuatannya yakni dihaluskan kemudian dicampur menjadi satu lalu di beri air masak secukupnya lalu di peras menggunakan kain halus. untuk mendapatkan jamu cekokan ini yang sudah siap minum biasanya dijual di pasar-pasar tradisional di daerah jawa tengah. namun jika anda berada jauh bisa membuatnya sendiri dengan ramuan yang saya berikan di artikel lainnya.

perbedaan jamu biasa dengan jamu cekok adalah dari cara pemberiannya atau meminumnya, jamu cekok pada umumnya jamu untuk anak-anak yang susah untuk menelan atau meminum jamu, sehingga harus dipaksa dengan cara memeras jamu didalam mulut menggunakan kain yang halus sehingga air perasan bisa langsung tertelan.

macam-macam khasiat jamu cekok untuk anak-anak adalah :
– untuk anak yang susah makan
– anak demam
– anak sakit perut
– menambah daya tahan tubuh
dll.

keuntungan jamu cekok pada anak adalah, jamu dapat di telan tanpa tersedak meskipun pada umumnya pada waktu meminumnya dipaksa sehingga anak-anak banyak yang menangis. jamu ini juga sering dikonsumsi oleh anak mulai usia 1 bulan hingga 10 tahun.

Leave a Reply